Kamis, 30 Desember 2010

profil james watt

JAMES Watt James Watt adalah penemu yang mengembangkan mesin uap yang menjadi dasar dari Revolusi Industri. James Watt lahir pada 19 Januari 1736 di Greenock, satu kota pelabuhan laut di Firth Clyde, Skotlandia. Ayahnya adalah pemilik kapal dan kontraktor, sedangkan ibunya, Agnes Muirhead, datang dari keluarga terhormat dan berpendidikan.

Ketika dia berumur 18 tahun, ibunya meninggal dan kesehatan ayahnya perlahan-lahan mulai merosot. Watt melakukan perjalanan ke London untuk melanjutkan studi tentang pembuatan instrumen dan peralatan selama satu tahun kemudian kembali ke Skotlandia dengan tujuan membuat sendiri bisnis pembuatan instrumennya. Tetapi karena dia tidak menyelesaikan tujuh tahun studinya sebagai apprentice (murid yang bekerja sambil belajar), permohonan untuk membuka bisnis tersebut terhambat, walaupun pada saat itu belum ada pembuat instrumen dan peralatan matematika di Skotlandia.

Watt mulai melakukan percobaan dengan uap setelah temannya, Professor John Robinson, membuat dia tertarik pada mesin tersebut. Pada saat itu, Watt sama sekali tidak pernah mengoperasikan mesin uap, tetapi tetap berusaha untuk membuat satu model mesin. Pada 1765 dia berhasil membuat sebuah model mesin yang dapat bekerja dengan baik.

Untuk menghargai jasanya, nama belakangnya, yaitu Watt, digunakan sebagai nama satuan daya, yaitu daya mesin dan daya listrik.

James Watt dimakamkan di Gereja St Mary, Handsworth, Birmingham. Banyak tulisannya disimpan di Perpustakaan Pusat Birmingham. Masyarakat Inggris mengenangnya dengan menjadikan nama James Watt sebagai nama jalan di lebih 50 lokasi. James Watt menduduki peringkat pertama, setara dengan Thomas A Edison, di antara 229 tokoh dalam sejarah perteknologian pada buku Charles Murray Human Accomplishment.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar